Dua Siswa SMKN 1 Kota Serang Ikuti LKS Tingkat Nasional

Foto untuk : Dua Siswa SMKN 1 Kota Serang Ikuti LKS Tingkat Nasional

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020, Senin (19/10) resmi dibuka oleh Sekretaris Jendral Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan Bapak Prof. Ainun Na’im,Ph.D, M.B.A. Pada tahun ini LKS mengambil tema “Melejitkan Prestasi di Bidang Vokasi di Masa Pandemi”. Bertempat di Hotel Harris Bandung, pembukaan secara virtual ini disaksikan oleh siswa-siswi SMK terbaik dari seluruh Indonesia, para pendamping dan tamu undangan tampak antusias mengikuti prosesi pembukaan acara akbar tersebut. Hal ini perlu di apresiasi karena kegiatan yang berlangsung ditengah pandemi tidak menyurutkan semangat para siswa untuk berkompetisi. Dalam sambutannya Prof. Ainun mengatakan tantangan yang ada pada saat ini tidak menjadi hambatan dan harus menjadi semangat “Ada 42 bidang kompetensi untuk menunjukan kemampuan diri serta memperoleh pengetahuan dan meningkatkan keterampilan. Kami optimis mencapai kesuksesan di masa depan. Selamat berkompetisi dan menjalani tantangan”.

Lomba kompetensi siswa adalah kompetisi rutin tahunan antar siswa SMK sesuai dengan bidang keahlian siswa masing-masing. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari seleksi untuk untuk mendapatkan putra-putri terbaik masing masing daerah yang akan dibimbing secara intensif oleh tim bidang masing-masing hingga dapat melaju ke tingkat Provinsi hingga ke Nasional. Bahkan peserta yang lolos ditingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills dan World Skills International Competition (Kompetesi Keahlian tingkat Dunia).

Dalam pelaksanaannya LKS SMK Tingkat Nasional ke-XXVIII Tahun 2020 berlangsung dari tanggal 18 s/d 24 Oktober 2020 dilaksanakan secara daring/online sebagai perwujudan adaptasi kebiasaan baru. Seluruh penilaian dan penjurian dilakukan secara daring/online dengan memperhatikan protokol kesehatan.

 

SMKN 1 Kota Serang mengirimkan dua siswa untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional yang digelar secara daring. Bidang kompetensi yang diikuti yaitu Marketing Online dan Kuliner. Marketing Online diikuti Ratu Diana Safitri. Sedangkan bidang Kuliner diikuti Yowen

Hj. Fatonah S.Pd selaku Pembimbing peserta lomba Kuliner mengatakan bersyukur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan di masa pandemi. “Paling Engga, ada hikmah dibalik setiap keadaan, saat ini kami masih bisa merasakan bagaimana rasanya lomba disaat seperti ini, bukan hanya skiil yang dilombakan tetapi kita juga diharuskan mampu untuk berkolaborasi dengan teknologi..”

Hal senada pun disampaikan oleh  Namiroh selaku pendamping peserta lomba marketing online “Harapan kami bisa memberikan yang terbaik dalam lomba kali ini untuk SMKN 1 Kota Serang khususnya dan Propinsi Banten umumnya, meskipun lomba dalam keadaan pandemi“.

Bapak doakan kami, semoga kami bisa mendapat hasil yang terbaik untuk SMKN 1 Kota Serang, dan terima kasih atas dukungannya” Ujar Ratu Diana dan Yowen selaku peserta dalam LKS kali ini ketika mendapat kunjungan dari Bapak Maksudi Zen Mutaqin selaku kepala SMKN 1 Kota Serang sebelum lomba dimulai.